song

Kamis, 27 Maret 2014

Kemandirian Tunagrahita

A. Makna Kemandirian
1. Pengertian
Menumbuhkan kemandirian pada individu sejak usia dini sangatlah penting karena dengan memiliki kemandirian sejak dini, anak akan terbiasa mengerjakan kebutuhannya sendiri. Menurut Yusuf (2002:124), secara naluriah, anak mempunyai dorongan untuk berkembang dari posisi dependent (ketergntungan) ke posisi independent (bersikat mandiri). Anak yang mandiri akan bertindak dengan penuh rasa percaya diri dan tidak selalu mengandalkan bantuan orang dewasa dalam bertindak. Kemandirian diartikan sebagai suatu sikap yang ditandai dengan adanya kepercayaan diri dan terlepas dari kebergantungan (Chaplin, 1995), selanjutnya Benson dan Grove (2000) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kemandirian adalah kemampuan individu untuk memutuskan sendiri dan tidak terus menerus berada di bawah kontrol orang lain. Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat disimpulkan bahwa anak yang mandiri adalah anak yang mampu melakukan aktivitasnya sendiri tanpa banyak bergantung kepada orang lain.
2.      Ciri-Ciri Kemandirian
Seorang anak dikatakan mandiri bila ia memperlihatkan ciri-ciri, yaitu: a) percaya diri yang didasari oleh kepemilikan akan konsep diri yang positif; b) bertanggung jawab pada hal-hal yang dikerjakann dan hal ini dapat ditumbuhkn dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk memegang tangung jawab; c) mampu menemukan pilihan dan mengambil keputusannya sendiri yang mana hal ini diperoleh dari adanya peluang untuk mengerjakan sesuatu, dan: d) mampu mengendalikan emosi dengan adanya kesempatan untuk berbuat dengan tidak banyak mendapatkan larangan.

B. Kemandirian anak tunagrahita
Perubahan paradigma mengenai Pendidikan Luar Biasa termasuk pendidikan anak tunagrahita dari penyelenggaraan yang berupa khusus (segregasi) ke penyelenggaraan saat ini menghendaki bahwa anak tunarahita diberi kesempatan seluas-luasnya untuk belajar, bermain, berkerja dan bergaul di masyarakat pada umumnya yang sesuai dengan keadaannya. Hal ini tentu menuntut kemampuan anak tunagrahita agar dapat menyatakan dan menyesuaikan diri sesuai dengan potensi yhang dimilikinya. Sebagaimana diketahui bahwa anak tunagrahita mengalami hambatan dalam kercerdasan maka target kemandiriannya tentu harus dirumuskan sesuai dengan potensi yang mereka miliki, sehingga dapat dikatakan bahwa mandiri bagi anak tunagrahita adanya kesesuain antara kemampuan yang aktual dengan potensi yang mereka miliki. Jadi pencapaian kemandirian bagi anak tunagrahita tidak dapat diartikan sama dengan pencapaian kemandirian anak normal pada umumnya.
1.      Kebersihan diri
a.       Mencuci tangan dengan baskom
1)      Perlengkapan yang digunakan:
·         Baskom
·         Sabun
·         Handuk/ lap tangan
2)      Cara melatih
·       Isilah  baskom dengan air bersih
·       Celupkan kedua belah tanganmu kedalam air dalam baskom
·       Gosoklah kedua belah tangan dengan sabun
·       Kembalikan sabun kedalam wadahnya
·       Gosoklah kedua belah tangan sampai sabun merata
·       Bilaslah kedua belah tangan sampai bersih dengan air
·       Buanglah air bekas cucian
·       Keringkan dengan handuk atau lap tangan
Catatan: bila belum cuku bersih, ulangi sampai kedua belah tangan bersih betul
b.      Mencuci tangan dengan air kran
1)      Perlengkapan yang digunakan :
·         Kran air
·         Sabun
·         Handuk/ lap tangan
2)      Cara melatih :
·         Bukalah kran air
·         Basahilah kedua belah telapak tangan dengan pancuran air kran
·         Gosoklah kedua belah tangan dengan sabun
·         Kembalikan sabun kedalam wadahnya
·         Gosoklah tangan dengan sabun sampai merata
·         Bilas kedua tangan dengan pancuran air kran
·         Tutup kran air
·         Keringkan tangan dengan handuk atau lap
c.       Mencuci muka
1)      Perlengkapan yang digunakan :
·         Baskom
·         Lap kantung/ waslap
·         Sabun
·         Handuk
2)      cara melatih :
·         isilah baskom dengan air secukupnya
·         basahi wajah dengan kedua belah tangan
·         gosoklah sabun pada kedua telapak tangan
·         tutuplah kedua belah mata, lalu gosokkan tangan pada wajah dan telinga
·         bilas wajah dengan air hingga bersih
·         keringkan wajah dan telinga dengan handuk
·         bersihkan semua perlengkapan dan simpan kembali ditempat semula
·         jika memakai lap kantong atau waslap
§  basahi la[ kantung/ waslap
§  gosokkan sabun pada lap kantung/ waslap
d.      mencuci kaki
1)      perlengkapan yang digunakan :
·         bak berisi air
·         gayung
·         sabun
·         lap
2)      cara melatih :
·         siramlah kaki dengan air
·         ambil sabun, gosokkan pada kaki satu persatu
·         kembalikan sabun kedalam wadahnya
·         gosoklah kedua kaki, satu-persatu, sampai bersih dan rata
·         siramlah kaki berulang-ulang dengan air
·         keringkan kaki dengan lap
·         perhatikan agar kaki benar-benar bersih terutama sela-sela jari
e.       menyikat gigi
1)      perlengkapan yang digunakan :
·         gelas cangkir
·         sikat gigi
·         pasta gigi
·         lap
2)      cara melatih :
·         isilah cangkir dengan air
·         buka dan oleskan pasta gigi secukupnya pada sikat gigi
·         tutup kembali tube pasta gigi
·         kumur dengan air dari gelas
·         cibirkan bibir
·         sikat gigi dengan arah vertikal/ tegak
§  depan
§  samping kiri
§  buka mulut dan gosoklah bagian kiri atau kanan, atas atau bawah
·         kumurlah dengan air sampai bersih
·         bersihkan sikat gigi dan kembalikan ketempat semula
·         lap mulut dan tangan sampai kering
catatan : sebaiknya latihan ini dilakukan didepan cermin
f.       mandi
1)      perlengkapan yang digunakan :
·         lap kantong atau waslap
·         sabun
·         handuk
·         pakaian lengkap
2)      cara melatih :
·         masuklah kekamar mandi, tutup pintunya
·         buka semua pakaian
·         pegang air dan ciduklah air
·         siramlah seluruh tubuh dengan air, 3-4 gayung hingga tubuh basah seluruhnya
·         masukkan tangan kedalam waslap
·         gosoklah waslap dengan sabun
·         gosoklah muka, leher dan telinga dengan waslap tadi
·         siramlah muka sampai bersih
selanjutnya boleh sambil duduk dibangku atau diatas lantai
-          gosoklah
. lengan dan ketiak
. badan, punggung, kedua kaki dan jari jemarinya.
-          Siramlah seluruh tubuh sampai bersih
-          Keringkanlah tubuh dengan handuk sebagai berikut:
. mula-mula muka
. kemudian leher
. telinga
. lengan dan ketiak
. badan
. punggung
. kaki
-          Berpakaian
-          Simpan smeua perlengkapan ditempat semula
-          Keluar dari kamar mandi
g.      Mencuci rambut
1)      Perlengkapan yang digunakan
·         Handuk
·         Lap Kantung/ waslap
·         Sisir/sikat
·         Sabun atau shampoo
·         gayung
2)      cara melatih
·         sisir atau sikatlah rambut sampai kotoran hilang semua
·         siramlah rambut dengan air
·         bukalah tutup tube sampoo, tuang secukupnya pada telapak tangan
·         gosok-gosok kedua tangan dan ratakan sampoo diantaranya
·         gosoklah rambut dengan sampoo sampai rata dan berbuih
·         keringkan rambut dengan handuk
·         sisir rambut sampai rapi
·         kembalikan semua perlengkapan ketempat semula
h.      menggunakan kamar kecil/WC
kemampuan untuk dapat menggunakan kamar kecl adalah merupakan langkah yang sangat besar kearah kemandirian seorang anak. biasanya dapat menggunakan kamar kecil sendiri adalah suatu keterampilan yang dimintakan apabila sianak berumur 5 tahun dan tidak mempunyai kecacatan tapi bai anak yang mempunyai kecacatan pada umur yang bervariasi.
ATG mungkin mempunyai kesulitan untuk mengerti dan mengikuti langkah-langkah yang terlihat didalam penggunakan WC.
1)      Tahap dalam berlatih menggunakan kamar kecil :
Daftar dibawah ini adalah tahap-tahap yang berbeda-beda bagi anak yang belajar menggunakan kamar kecil dan usia anak yang tidak cacat yang biasanya terjadi.
-          Seorang anak telah memounyai kontrol untuk buang air usia 10 bulan -2 tahun
-          Sepanjang hari tidak mengumpul secara teratur 10 bulan sampapi 2 tahun
-          Dengan isyarat untuk menandakan akan buang air 2-3 tahun
-          Dapat mengutaraka secara verbal kebutuhannya untuk buang air kecil 2-3 tahun
-          Tarik turun celananya didalam kamar kecil 2-3 tahun
-          Menggunakan WC dengan cara seperti orang dewasa 2-3 tahun
-          Tidak mengompol pada malam hari 3-4 tahun
-          Dapat membersihkan diri setelah buang air dnegan perintah 3-4 tahun
-          Membersihkan WC bila diperintah 3-4 tahun
-          Pergi kekamar kecil sendiri bila diperintah 3-4 tahun
-          Pergi kekamar kecil sendiri tanpa diperintah 4-5 tahun
2)      Latihan buang air :
Bila kita menolong anak dapat dengan baik melakukan latihan buang air. Kita harus mengecilkan kemungkinan kegagalannya dan memuji untuk keberhasilan yang telah diraihnya meskipun itu sangat kecil. Kita harus siap dengan masa latihan yang membutuhkan waktu panjang seorang anak yang baru saj latihan buang air akan membutuhkan kamar kecil. Temukanlah waktu kapan ia mengompol dan buang air besar dicelana pada waktu pagi / siang. Sebuah pola meungkin baik dibuat contohnya setiap setengah jam setelah anak makan atau tiga jam sekali, dan bawalah ia ke WC dan dudukan ia diatas WC pada jam-jam yang kkita tentukan tadi. Pujilah jika ia pipis diWC. Bila anda melihat kemungkinan ia membutuhkan untuk membuang air, tanyakanlah padanya apakah ia membutuhkan, dan kalau hal inni benar bwalah ke WC dan tunggui untuk melihat ia menggunakanya atau bohong
-          Jangalah menyuruh si anak duduk atau jongkok diatas WC lebih dari 4 sampai 5 menit karena kita tidak menghendaki ia menjadi bosan dan menolak / menghindari pengalaman ini.
-          Perhatikan benar apakah ia mengenakan pakian yang mudah untunya untuk membuka/ menanggalkan bila ingin ke WC. Cobalah untuk memberikan tanggung jawab tambahan bagi si anak untuk memutuskan apa ia membutuhkan kw WC atau tidak.
-          Ingatlah bahwa ia telah melakukan hal ini secara baik selama ini. ini semua dengan mengharapkan bahwa pada saatnya waktu sekolah tiba ia akan mampu mengutarakan kebutuhannya untuk ke kamar kecil, baik itu melalui ucapan maupun melalui tanda.
Langkah-langkah buang air besar/kecil
- Tahap buang air
1.berdiri tepat di atas lubang WC
2. menurunkan celana sebatas paha
3. jongkok
4. Buang air
- Tahap cebok
1.      Mengambil air
2.      Membersihkan kotoran
3.      Menyiram WC
-          Tahap membersikan
1.      Mencuci tangan
2.      Berdiri
3.      Menaikan celana
4.      Keluar
Langkah-langkag buang air kecil ( laki-laki)
-          Tahap buang air
1.      Membuka kancing dan resleting celana
2.      Menurunkan celana sebatas pinggul
3.      Memegang alat kelamin dan mengarahkan ke lubang WC
4.      Buang air kecil
-          Tahap pembereskan
1.      Menyiram WC
2.      Menaikan celana
3.      Menutup kancing/resleting
4.      Mencuci tanggan
5.      Keluar
2.      Makan
a.       Makan menggunakan tangan
1.)    Perlengkapan yang digunakan:
·         Kobokan
·         Piring
·         Nasi, sayur dan lauk pauk
·         Serbet
2.)    Cara melatih:
·         Duduk yang rapi
·         Berdo’alah sebelum makan
·         Cucilah tanggan mu ke dalam kobokkan
·         Ambillah nasi dan lauk pauk dengan tangan dari piring
·         Angkatlah tangan dan masukan nasi kedalam mulut
·         Kunyahlah nasi
·         Telanlah nasi yang telah lumat
·         Lakukan sampai nasi habis
·         Setelah itu cucilah tanggan mu
·         Lap tangan dengan menggunakan sarbet
·         Rapikan alat
·         Berdo’alah sesudah makan
b.      Makan menggunakan sendok
1.)    Perlengkapan yang digunakan:
·         Duduklah dengan sikap yanng baik
·         Berdo’alah sebelum makan
·         Ambillah sendok
·         Sendoklan nasi dari piring
·         Masukan ke mulut
·         Kunyah nasi sampai lumat
·         Telanlah nasi yang telah lumat
·         Setelah nasi habis, taruhlah sendok
·         Lap tangan dengan menggunakan sarbet
·         Berdo’alah setelah makan
3.      Minum
a.       Minum menggunakan Gelas
1)      Perlengkapan yang digunakan :
v  Gelas
v  Air
2)      Cara melatih :
v  Peganglah gelas yang berisi air dengan kedua tangan
v  Angkatlah gelas dengan kedua tangan sampai ke bibir
v  Teguklah air sedikit demi sedikit
v  Taruhlah gelas di meja
b.      Minum menggunakan cangkir
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Cangkir
v  Air
2)      Cara melatih :
v  Peganglah gagang cangkir dengan menggunakan tangan kanan
v  Peganglah sisi cangkir dengan menggunakan tangan kiri
v  Angkatlah cangkir sampai menyentuh bibir
v  Masukkan air kedalam mulut
v  Teguklah sedikit demi sedikit
v  Setelah selesai taruh cangkir di atas meja
c.       Minum menggunakan sedotan
Minum menggunakan sedotan dapat dilakukan pada botol, gelas, dan minuman yang dikemas.
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Minuman yang dikemas, minuman dalam botol, gelas
v  Sedotan
2)      Cara melatih :
v  Ambilah gelas yang berisi air
v  Ambilah sedotan
v  Masukkan sedotan ke dalam gelas
v  Penganglah gelas dan sedotlah air perlahan- lahan
v  Setelah selesai, taruh gelas di atas meja
4.      Berhias diri
a.       Menyisir rambut
1)      Perlengkapan yang digunakan :
v  Cermin
v  Sisir
2)      Cara melatih
v  Berdirilah/ duduklah didepan cermin
v  Ambilah sisir dari tempatnya
v  Penganglah sisir dengan mengguankan tangan kanan
v  Sisirlah rambut kebelakang dengan cara perlahan
v  Sisirlah rambut kesebelah kanan
v  Sisirlah rambut kesebelah kiri
v  Rapikan rambut
v  Taruhlah sisir pada tempatnya kembali
b.      Menyisir dan menggunakan  aksesoris rambut
1)      Perlengkapan yang digunakan :
v  Cermin
v  Sisir
v  Aksesoris rambbut
2)      Cara melatih  :
v  Berdirilah/ duduklah di depan cermin
v  Ambilah sisir, jepit rambut / pita
v  Peganglah sisir dengan tangan kanan
v  Sisirlah rambut kebelakang dengan cara perlahan
v  Sisirlah rambut kesebelah kanan
v  Sisirlah rambut kesebelah kiri
v  Pasanglah jepit rambut/ pita
v  Simpanlah sisir pada tempatnya kembali
c.       Menyisir rambut dengan menggunakan minyak rambut
1)      Perlengkapan yang digunakan  :
v  Cermin
v  Sisir
v  Minyak rambut
2)      Cara melatih :
v  Berdirilah/ duduklah didepan cermin
v  Ambil minyak rambut dengan menggunakan jari
v  Usapakan pada kedua belah tangan
v  Usapkan ke rambut secara merata
v  Kemudian ambilah sisir
v  Sisirlah rambut kebelakang
v  Sisirlah rambut ke samping kanan dan kiri
v  Rapikan rambut
v  Setelah selesai taruh lah sisir pada tempatnya
d.      Memakai bedak
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Cermin
v   bedak
2)      Cara melatih
v  Berdirilah/ duduklah di depan cermin
v  Bukalah tempat bedak
v  Ambillah bedakdengan menggunkan sponsyang ada ditempat bedak tersebut
v  Usapkan bedak pada wajah
v  Ratakan bedak pada wajah sambil melihat kecermin
v  Rapikan tempat/ alat- alat bedak
v  Simpan bedak pada tempatnya
5.      Berpakaian
a.       Memakai pakain dalam
Kaos dalam
1)      Perlengkapan yang digunkan
v  Kaos dalam/ singlet
2)      Cara melatih :
v  Ambil kaos dalam
v  Lihatlah tanda yang membedakan bagian depan dengan bagian belakang
v  Pakailah kaos melalui kepala
v  Masukkan lengan kanan pada lubang lengan kanan
v  Masukkan lengan kiri pada lubang lengan kiri
v  Tariklah kaos kebawah hingga rapi
Celana dalam
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Celana dalam
2)      Cara melatih :
v  Ambilah celana dalam
v  Lihatlah tanda yang membedakan bagian depan dengan bagian belakang
v  Tangan kanan memegang ujung sebelah kanan, dan tangan kiri memegang ujung sebelah kiri
v  Tariklah celana dalam ke atas sampai perut
b.      Memekai pakaian luar
Kaos oblong
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Kaos oblong
2)      Cara melatih :
v  Ambilah kaos oblong
v  Lihatlah tanda yang membedakan bagian depan dengan bagian belakang
v  Masukkan kepala ke lubang kaos
v  Masukkan lengan kanan pada lubang lengan kanan
v  Masukkan lengan kiri pada lubang lengan kiri
v  Tariklah kaos kebawah hingga rapi
Celana luar ( celana panjang/ pendek )
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Celana panjang/ pendek
2)      Cara melatih
v  Ambilah celana
v  Lihatlah tanda yang membedakan bagian depan dan bagian belakang
v  Pegang celana dengan kedua belah tangan pada masing- masing ujung sebelah kanan dan kiri
v  Masukkan kaki kanan kelubang sebelah kanan
v  Masukkan kaki kiri pada lubang sebelah kiri
v  Tarik celana sampai ke perut
v  Kancingkan celana dan tarik resletingnya
v  Rapikan celana
Kemeja
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Kemeja
2)      Cara melatih
v  Ambilah kemeja
v  Lihatlah bagian depan dan belakangnya
v  Gantunglah baju dipundak
v  Masukkan tangan kanan ke lubang tangan kanan
v  Masukkan tangan kiri ke lujbang tangan kiri
v  Samakan ujung baju bagian bawah
v  Kancingkanlah baju satu per satu hingga habis
v  Rapikan baju

c.       Memakai kaos kaki da bersepatu
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Kaos kaki
v  Sepatu tanpa tali
v  Kursi
2)      Cara melatih
v  Beri  tanda pada kaos kaki sebelah kiri dan kanan
v  Duduklah di kursi dan memegang kaos kaki
v  Masukkan kaki kanan pada lubang kaos kaki sebelah kanan, dan tarik hingga ke tumit
v  Masukkan kaki kiri pada lubang kaos kaki sebelah kiri, dan tarik hinggga ke tumit
v  Selanjutnya pakailah sepatu
v  Beri tanda sepatu bagian kanan dan kiri agar mudah dikenali
v  Ambil sepatu sebelah kanan dan masukkan kaki kanan ke lubang sepatu tersebut

v  Ambil sepatu sebelah kiri dan masukkan kaki kiri ke lubang sepatu tersebut.

 A. Makna Kemandirian
1. Pengertian
Menumbuhkan kemandirian pada individu sejak usia dini sangatlah penting karena dengan memiliki kemandirian sejak dini, anak akan terbiasa mengerjakan kebutuhannya sendiri. Menurut Yusuf (2002:124), secara naluriah, anak mempunyai dorongan untuk berkembang dari posisi dependent (ketergntungan) ke posisi independent (bersikat mandiri). Anak yang mandiri akan bertindak dengan penuh rasa percaya diri dan tidak selalu mengandalkan bantuan orang dewasa dalam bertindak. Kemandirian diartikan sebagai suatu sikap yang ditandai dengan adanya kepercayaan diri dan terlepas dari kebergantungan (Chaplin, 1995), selanjutnya Benson dan Grove (2000) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kemandirian adalah kemampuan individu untuk memutuskan sendiri dan tidak terus menerus berada di bawah kontrol orang lain. Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat disimpulkan bahwa anak yang mandiri adalah anak yang mampu melakukan aktivitasnya sendiri tanpa banyak bergantung kepada orang lain.
2.      Ciri-Ciri Kemandirian
Seorang anak dikatakan mandiri bila ia memperlihatkan ciri-ciri, yaitu: a) percaya diri yang didasari oleh kepemilikan akan konsep diri yang positif; b) bertanggung jawab pada hal-hal yang dikerjakann dan hal ini dapat ditumbuhkn dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk memegang tangung jawab; c) mampu menemukan pilihan dan mengambil keputusannya sendiri yang mana hal ini diperoleh dari adanya peluang untuk mengerjakan sesuatu, dan: d) mampu mengendalikan emosi dengan adanya kesempatan untuk berbuat dengan tidak banyak mendapatkan larangan.

B. Kemandirian anak tunagrahita
Perubahan paradigma mengenai Pendidikan Luar Biasa termasuk pendidikan anak tunagrahita dari penyelenggaraan yang berupa khusus (segregasi) ke penyelenggaraan saat ini menghendaki bahwa anak tunarahita diberi kesempatan seluas-luasnya untuk belajar, bermain, berkerja dan bergaul di masyarakat pada umumnya yang sesuai dengan keadaannya. Hal ini tentu menuntut kemampuan anak tunagrahita agar dapat menyatakan dan menyesuaikan diri sesuai dengan potensi yhang dimilikinya. Sebagaimana diketahui bahwa anak tunagrahita mengalami hambatan dalam kercerdasan maka target kemandiriannya tentu harus dirumuskan sesuai dengan potensi yang mereka miliki, sehingga dapat dikatakan bahwa mandiri bagi anak tunagrahita adanya kesesuain antara kemampuan yang aktual dengan potensi yang mereka miliki. Jadi pencapaian kemandirian bagi anak tunagrahita tidak dapat diartikan sama dengan pencapaian kemandirian anak normal pada umumnya.
1.      Kebersihan diri
a.       Mencuci tangan dengan baskom
1)      Perlengkapan yang digunakan:
·         Baskom
·         Sabun
·         Handuk/ lap tangan
2)      Cara melatih
·       Isilah  baskom dengan air bersih
·       Celupkan kedua belah tanganmu kedalam air dalam baskom
·       Gosoklah kedua belah tangan dengan sabun
·       Kembalikan sabun kedalam wadahnya
·       Gosoklah kedua belah tangan sampai sabun merata
·       Bilaslah kedua belah tangan sampai bersih dengan air
·       Buanglah air bekas cucian
·       Keringkan dengan handuk atau lap tangan
Catatan: bila belum cuku bersih, ulangi sampai kedua belah tangan bersih betul
b.      Mencuci tangan dengan air kran
1)      Perlengkapan yang digunakan :
·         Kran air
·         Sabun
·         Handuk/ lap tangan
2)      Cara melatih :
·         Bukalah kran air
·         Basahilah kedua belah telapak tangan dengan pancuran air kran
·         Gosoklah kedua belah tangan dengan sabun
·         Kembalikan sabun kedalam wadahnya
·         Gosoklah tangan dengan sabun sampai merata
·         Bilas kedua tangan dengan pancuran air kran
·         Tutup kran air
·         Keringkan tangan dengan handuk atau lap
c.       Mencuci muka
1)      Perlengkapan yang digunakan :
·         Baskom
·         Lap kantung/ waslap
·         Sabun
·         Handuk
2)      cara melatih :
·         isilah baskom dengan air secukupnya
·         basahi wajah dengan kedua belah tangan
·         gosoklah sabun pada kedua telapak tangan
·         tutuplah kedua belah mata, lalu gosokkan tangan pada wajah dan telinga
·         bilas wajah dengan air hingga bersih
·         keringkan wajah dan telinga dengan handuk
·         bersihkan semua perlengkapan dan simpan kembali ditempat semula
·         jika memakai lap kantong atau waslap
§  basahi la[ kantung/ waslap
§  gosokkan sabun pada lap kantung/ waslap
d.      mencuci kaki
1)      perlengkapan yang digunakan :
·         bak berisi air
·         gayung
·         sabun
·         lap
2)      cara melatih :
·         siramlah kaki dengan air
·         ambil sabun, gosokkan pada kaki satu persatu
·         kembalikan sabun kedalam wadahnya
·         gosoklah kedua kaki, satu-persatu, sampai bersih dan rata
·         siramlah kaki berulang-ulang dengan air
·         keringkan kaki dengan lap
·         perhatikan agar kaki benar-benar bersih terutama sela-sela jari
e.       menyikat gigi
1)      perlengkapan yang digunakan :
·         gelas cangkir
·         sikat gigi
·         pasta gigi
·         lap
2)      cara melatih :
·         isilah cangkir dengan air
·         buka dan oleskan pasta gigi secukupnya pada sikat gigi
·         tutup kembali tube pasta gigi
·         kumur dengan air dari gelas
·         cibirkan bibir
·         sikat gigi dengan arah vertikal/ tegak
§  depan
§  samping kiri
§  buka mulut dan gosoklah bagian kiri atau kanan, atas atau bawah
·         kumurlah dengan air sampai bersih
·         bersihkan sikat gigi dan kembalikan ketempat semula
·         lap mulut dan tangan sampai kering
catatan : sebaiknya latihan ini dilakukan didepan cermin
f.       mandi
1)      perlengkapan yang digunakan :
·         lap kantong atau waslap
·         sabun
·         handuk
·         pakaian lengkap
2)      cara melatih :
·         masuklah kekamar mandi, tutup pintunya
·         buka semua pakaian
·         pegang air dan ciduklah air
·         siramlah seluruh tubuh dengan air, 3-4 gayung hingga tubuh basah seluruhnya
·         masukkan tangan kedalam waslap
·         gosoklah waslap dengan sabun
·         gosoklah muka, leher dan telinga dengan waslap tadi
·         siramlah muka sampai bersih
selanjutnya boleh sambil duduk dibangku atau diatas lantai
-          gosoklah
. lengan dan ketiak
. badan, punggung, kedua kaki dan jari jemarinya.
-          Siramlah seluruh tubuh sampai bersih
-          Keringkanlah tubuh dengan handuk sebagai berikut:
. mula-mula muka
. kemudian leher
. telinga
. lengan dan ketiak
. badan
. punggung
. kaki
-          Berpakaian
-          Simpan smeua perlengkapan ditempat semula
-          Keluar dari kamar mandi
g.      Mencuci rambut
1)      Perlengkapan yang digunakan
·         Handuk
·         Lap Kantung/ waslap
·         Sisir/sikat
·         Sabun atau shampoo
·         gayung
2)      cara melatih
·         sisir atau sikatlah rambut sampai kotoran hilang semua
·         siramlah rambut dengan air
·         bukalah tutup tube sampoo, tuang secukupnya pada telapak tangan
·         gosok-gosok kedua tangan dan ratakan sampoo diantaranya
·         gosoklah rambut dengan sampoo sampai rata dan berbuih
·         keringkan rambut dengan handuk
·         sisir rambut sampai rapi
·         kembalikan semua perlengkapan ketempat semula
h.      menggunakan kamar kecil/WC
kemampuan untuk dapat menggunakan kamar kecl adalah merupakan langkah yang sangat besar kearah kemandirian seorang anak. biasanya dapat menggunakan kamar kecil sendiri adalah suatu keterampilan yang dimintakan apabila sianak berumur 5 tahun dan tidak mempunyai kecacatan tapi bai anak yang mempunyai kecacatan pada umur yang bervariasi.
ATG mungkin mempunyai kesulitan untuk mengerti dan mengikuti langkah-langkah yang terlihat didalam penggunakan WC.
1)      Tahap dalam berlatih menggunakan kamar kecil :
Daftar dibawah ini adalah tahap-tahap yang berbeda-beda bagi anak yang belajar menggunakan kamar kecil dan usia anak yang tidak cacat yang biasanya terjadi.
-          Seorang anak telah memounyai kontrol untuk buang air usia 10 bulan -2 tahun
-          Sepanjang hari tidak mengumpul secara teratur 10 bulan sampapi 2 tahun
-          Dengan isyarat untuk menandakan akan buang air 2-3 tahun
-          Dapat mengutaraka secara verbal kebutuhannya untuk buang air kecil 2-3 tahun
-          Tarik turun celananya didalam kamar kecil 2-3 tahun
-          Menggunakan WC dengan cara seperti orang dewasa 2-3 tahun
-          Tidak mengompol pada malam hari 3-4 tahun
-          Dapat membersihkan diri setelah buang air dnegan perintah 3-4 tahun
-          Membersihkan WC bila diperintah 3-4 tahun
-          Pergi kekamar kecil sendiri bila diperintah 3-4 tahun
-          Pergi kekamar kecil sendiri tanpa diperintah 4-5 tahun
2)      Latihan buang air :
Bila kita menolong anak dapat dengan baik melakukan latihan buang air. Kita harus mengecilkan kemungkinan kegagalannya dan memuji untuk keberhasilan yang telah diraihnya meskipun itu sangat kecil. Kita harus siap dengan masa latihan yang membutuhkan waktu panjang seorang anak yang baru saj latihan buang air akan membutuhkan kamar kecil. Temukanlah waktu kapan ia mengompol dan buang air besar dicelana pada waktu pagi / siang. Sebuah pola meungkin baik dibuat contohnya setiap setengah jam setelah anak makan atau tiga jam sekali, dan bawalah ia ke WC dan dudukan ia diatas WC pada jam-jam yang kkita tentukan tadi. Pujilah jika ia pipis diWC. Bila anda melihat kemungkinan ia membutuhkan untuk membuang air, tanyakanlah padanya apakah ia membutuhkan, dan kalau hal inni benar bwalah ke WC dan tunggui untuk melihat ia menggunakanya atau bohong
-          Jangalah menyuruh si anak duduk atau jongkok diatas WC lebih dari 4 sampai 5 menit karena kita tidak menghendaki ia menjadi bosan dan menolak / menghindari pengalaman ini.
-          Perhatikan benar apakah ia mengenakan pakian yang mudah untunya untuk membuka/ menanggalkan bila ingin ke WC. Cobalah untuk memberikan tanggung jawab tambahan bagi si anak untuk memutuskan apa ia membutuhkan kw WC atau tidak.
-          Ingatlah bahwa ia telah melakukan hal ini secara baik selama ini. ini semua dengan mengharapkan bahwa pada saatnya waktu sekolah tiba ia akan mampu mengutarakan kebutuhannya untuk ke kamar kecil, baik itu melalui ucapan maupun melalui tanda.
Langkah-langkah buang air besar/kecil
- Tahap buang air
1.berdiri tepat di atas lubang WC
2. menurunkan celana sebatas paha
3. jongkok
4. Buang air
- Tahap cebok
1.      Mengambil air
2.      Membersihkan kotoran
3.      Menyiram WC
-          Tahap membersikan
1.      Mencuci tangan
2.      Berdiri
3.      Menaikan celana
4.      Keluar
Langkah-langkag buang air kecil ( laki-laki)
-          Tahap buang air
1.      Membuka kancing dan resleting celana
2.      Menurunkan celana sebatas pinggul
3.      Memegang alat kelamin dan mengarahkan ke lubang WC
4.      Buang air kecil
-          Tahap pembereskan
1.      Menyiram WC
2.      Menaikan celana
3.      Menutup kancing/resleting
4.      Mencuci tanggan
5.      Keluar
2.      Makan
a.       Makan menggunakan tangan
1.)    Perlengkapan yang digunakan:
·         Kobokan
·         Piring
·         Nasi, sayur dan lauk pauk
·         Serbet
2.)    Cara melatih:
·         Duduk yang rapi
·         Berdo’alah sebelum makan
·         Cucilah tanggan mu ke dalam kobokkan
·         Ambillah nasi dan lauk pauk dengan tangan dari piring
·         Angkatlah tangan dan masukan nasi kedalam mulut
·         Kunyahlah nasi
·         Telanlah nasi yang telah lumat
·         Lakukan sampai nasi habis
·         Setelah itu cucilah tanggan mu
·         Lap tangan dengan menggunakan sarbet
·         Rapikan alat
·         Berdo’alah sesudah makan
b.      Makan menggunakan sendok
1.)    Perlengkapan yang digunakan:
·         Duduklah dengan sikap yanng baik
·         Berdo’alah sebelum makan
·         Ambillah sendok
·         Sendoklan nasi dari piring
·         Masukan ke mulut
·         Kunyah nasi sampai lumat
·         Telanlah nasi yang telah lumat
·         Setelah nasi habis, taruhlah sendok
·         Lap tangan dengan menggunakan sarbet
·         Berdo’alah setelah makan
3.      Minum
a.       Minum menggunakan Gelas
1)      Perlengkapan yang digunakan :
v  Gelas
v  Air
2)      Cara melatih :
v  Peganglah gelas yang berisi air dengan kedua tangan
v  Angkatlah gelas dengan kedua tangan sampai ke bibir
v  Teguklah air sedikit demi sedikit
v  Taruhlah gelas di meja
b.      Minum menggunakan cangkir
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Cangkir
v  Air
2)      Cara melatih :
v  Peganglah gagang cangkir dengan menggunakan tangan kanan
v  Peganglah sisi cangkir dengan menggunakan tangan kiri
v  Angkatlah cangkir sampai menyentuh bibir
v  Masukkan air kedalam mulut
v  Teguklah sedikit demi sedikit
v  Setelah selesai taruh cangkir di atas meja
c.       Minum menggunakan sedotan
Minum menggunakan sedotan dapat dilakukan pada botol, gelas, dan minuman yang dikemas.
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Minuman yang dikemas, minuman dalam botol, gelas
v  Sedotan
2)      Cara melatih :
v  Ambilah gelas yang berisi air
v  Ambilah sedotan
v  Masukkan sedotan ke dalam gelas
v  Penganglah gelas dan sedotlah air perlahan- lahan
v  Setelah selesai, taruh gelas di atas meja
4.      Berhias diri
a.       Menyisir rambut
1)      Perlengkapan yang digunakan :
v  Cermin
v  Sisir
2)      Cara melatih
v  Berdirilah/ duduklah didepan cermin
v  Ambilah sisir dari tempatnya
v  Penganglah sisir dengan mengguankan tangan kanan
v  Sisirlah rambut kebelakang dengan cara perlahan
v  Sisirlah rambut kesebelah kanan
v  Sisirlah rambut kesebelah kiri
v  Rapikan rambut
v  Taruhlah sisir pada tempatnya kembali
b.      Menyisir dan menggunakan  aksesoris rambut
1)      Perlengkapan yang digunakan :
v  Cermin
v  Sisir
v  Aksesoris rambbut
2)      Cara melatih  :
v  Berdirilah/ duduklah di depan cermin
v  Ambilah sisir, jepit rambut / pita
v  Peganglah sisir dengan tangan kanan
v  Sisirlah rambut kebelakang dengan cara perlahan
v  Sisirlah rambut kesebelah kanan
v  Sisirlah rambut kesebelah kiri
v  Pasanglah jepit rambut/ pita
v  Simpanlah sisir pada tempatnya kembali
c.       Menyisir rambut dengan menggunakan minyak rambut
1)      Perlengkapan yang digunakan  :
v  Cermin
v  Sisir
v  Minyak rambut
2)      Cara melatih :
v  Berdirilah/ duduklah didepan cermin
v  Ambil minyak rambut dengan menggunakan jari
v  Usapakan pada kedua belah tangan
v  Usapkan ke rambut secara merata
v  Kemudian ambilah sisir
v  Sisirlah rambut kebelakang
v  Sisirlah rambut ke samping kanan dan kiri
v  Rapikan rambut
v  Setelah selesai taruh lah sisir pada tempatnya
d.      Memakai bedak
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Cermin
v   bedak
2)      Cara melatih
v  Berdirilah/ duduklah di depan cermin
v  Bukalah tempat bedak
v  Ambillah bedakdengan menggunkan sponsyang ada ditempat bedak tersebut
v  Usapkan bedak pada wajah
v  Ratakan bedak pada wajah sambil melihat kecermin
v  Rapikan tempat/ alat- alat bedak
v  Simpan bedak pada tempatnya
5.      Berpakaian
a.       Memakai pakain dalam
Kaos dalam
1)      Perlengkapan yang digunkan
v  Kaos dalam/ singlet
2)      Cara melatih :
v  Ambil kaos dalam
v  Lihatlah tanda yang membedakan bagian depan dengan bagian belakang
v  Pakailah kaos melalui kepala
v  Masukkan lengan kanan pada lubang lengan kanan
v  Masukkan lengan kiri pada lubang lengan kiri
v  Tariklah kaos kebawah hingga rapi
Celana dalam
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Celana dalam
2)      Cara melatih :
v  Ambilah celana dalam
v  Lihatlah tanda yang membedakan bagian depan dengan bagian belakang
v  Tangan kanan memegang ujung sebelah kanan, dan tangan kiri memegang ujung sebelah kiri
v  Tariklah celana dalam ke atas sampai perut
b.      Memekai pakaian luar
Kaos oblong
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Kaos oblong
2)      Cara melatih :
v  Ambilah kaos oblong
v  Lihatlah tanda yang membedakan bagian depan dengan bagian belakang
v  Masukkan kepala ke lubang kaos
v  Masukkan lengan kanan pada lubang lengan kanan
v  Masukkan lengan kiri pada lubang lengan kiri
v  Tariklah kaos kebawah hingga rapi
Celana luar ( celana panjang/ pendek )
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Celana panjang/ pendek
2)      Cara melatih
v  Ambilah celana
v  Lihatlah tanda yang membedakan bagian depan dan bagian belakang
v  Pegang celana dengan kedua belah tangan pada masing- masing ujung sebelah kanan dan kiri
v  Masukkan kaki kanan kelubang sebelah kanan
v  Masukkan kaki kiri pada lubang sebelah kiri
v  Tarik celana sampai ke perut
v  Kancingkan celana dan tarik resletingnya
v  Rapikan celana
Kemeja
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Kemeja
2)      Cara melatih
v  Ambilah kemeja
v  Lihatlah bagian depan dan belakangnya
v  Gantunglah baju dipundak
v  Masukkan tangan kanan ke lubang tangan kanan
v  Masukkan tangan kiri ke lujbang tangan kiri
v  Samakan ujung baju bagian bawah
v  Kancingkanlah baju satu per satu hingga habis
v  Rapikan baju

c.       Memakai kaos kaki da bersepatu
1)      Perlengkapan yang digunakan
v  Kaos kaki
v  Sepatu tanpa tali
v  Kursi
2)      Cara melatih
v  Beri  tanda pada kaos kaki sebelah kiri dan kanan
v  Duduklah di kursi dan memegang kaos kaki
v  Masukkan kaki kanan pada lubang kaos kaki sebelah kanan, dan tarik hingga ke tumit
v  Masukkan kaki kiri pada lubang kaos kaki sebelah kiri, dan tarik hinggga ke tumit
v  Selanjutnya pakailah sepatu
v  Beri tanda sepatu bagian kanan dan kiri agar mudah dikenali
v  Ambil sepatu sebelah kanan dan masukkan kaki kanan ke lubang sepatu tersebut

v  Ambil sepatu sebelah kiri dan masukkan kaki kiri ke lubang sepatu tersebut.

1 komentar: